Kamis, 01 Januari 2015

Struktur Geologi : Perlipatan Bagian 2

Karena aktivitas tektonik, lapisan batuan sedimen yang relatif elastis akan mengalami tekanan yang tinggi dan terlipat, dan membentuk sistem sinklin-antiklin. Pada sistem perlipatan maka lapisan batuan yang tadinya mendatar akan berubah posisinya menjadi miring dengan sudut kemiringan (dip) dan jurus (strike) yang bervariasi.

Sketsa sistem perlipatan

Sketsa bidang perlipatan

DIP, STRIKE dan PLUNGE
(a) Dip dan Strike (b) Plunge



Apabila besarnya tegangan yang bekerja pada batuan sedimen tersebut melampaui batas elastisnya, maka sistem tersebut akan mengalami penyesaran dan pergeseran. Sedangkan kalau tidak terlalu besar, maka pada bagian-bagian tertentu mungkin akan terbentuk sistem kekar tarik (pada batuan yang rapuh/getas).
(a). Sketsa macam-macam perlipatan,
(b). Sketsa Perlipatan yang tersesarkan normal

Perlipatan menghasilkan bagian punggungan perlipatan yang disebut sebagai antiklin dan bagian lembah yang disebut sebagai sinklin. Jarak antara antiklin dengan sinklin di dekatnya juga bervariasi, tergantung pada besarnya gaya yang membentuknya. Demikian juga mengenai kemiringan yang terbentuk pada perlipatan tersebut, yaitu tergantung pada amplitudo dan frekuensi yang terjadi.

Lapisan batuan yang tidak mendatar lagi (miring) posisinya dinyatakan dalam jurus dan kemiringannya (strike/dipnya), sehingga dibutuhkan interpretasi untuk mengkorelasikannya.
Beberapa kemungkinan interpretasi singkapan yang telah mengalami perlipatan.

LIPATAN
  • Antiklin
  • Sinklin
  • Antiklinorium
  • Sinklinorium
  • Monoklin

Gambar : Antiklin

Gambar : Antiklin Menunjam




Gambar : Sinklin


Gambar : Sinklin Menunjam


Gambar : Monoklin

Gambar : Homoklin

Landforms associated with dipping and horizontal strata –cuesta, homoclinal or strike ridge, hogback, butte, mesa, and plateau. The chief streams found in landscapes with dipping strata –strike streams, anti-dip streams, and dip streams –are shown. Notice that a cuesta consists of a dip slope and a steeper escarpment of scarp slope. The black band represents a hard rock formation that caps the butte, mesa, and plateau.
























0 komentar:

Posting Komentar